Sebuah catatan kecil tentang ilmu, dakwah, jihad, jamaah, keadilan, kesejahteraan, tegaknya hukum, mulkiyah, rububiyah, uluhiyah, asma wa sifat,Marifah, Thaghut, Negara Islam, Tauhid, demokrasi, hukum islam, doa, shalat

Kamis, September 3

Beberapa Kelebihan Manusia Jika di Banding Dengan Makhluk Yang Lain

Beberapa Kelebihan Manusia Jika di Banding Dengan Makhluk Yang Lain

Diantara makhluk yang khas yang mempunyai indra unik dan lengkap, hingga berjumlah sampai milyaran adalah bernama manusia. Manusia mempunyai dunia tersendiri yang berbeda dengan makhluk ciptaan Allah swt yang lain. Diantara segi perbedaan atau ciri khas yang dimiliki manusia adalah sebagai berikut ini :

  1. Fisik. Allah swt berfirman,
    "Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya" (at-tiin : 4). Setiap elemen dari tubuh manusia, dibentuk dan dilukiskan dengan bentuk yang paling baik, paling indah dan paling sempurna, semua serba paling. Itulah manusia. Silahkan bandingkan bentuk fisik manusia dengan makhluk lain, niscaya akan anda dapatkan beberapa segi kemiripan sebagai sesama makhluk hidup, namun setelah itu anda akan menemukan banyak keistimewaan yang tidak akan ditemukan pada makhluk lainnya.
    Tangan manusia amat berbeda dengan makhuk lainnya, jika tangan manusia tidak seperti ini maka tidak akan terwujud peradaban dalam berbagai kemajuan.
    Rangka tubuh manusi berbeda dengan makhluk yang lain, bahkan tidak ada yang menyamai.
    Kulit, serta semua anggota tubuh manusia mempunyai keistimewaan yang tidak akan ditemukan pada makhluk yang lain. Semua bagian tubuh dari manusia mempunyai bentuk yang sempurna mulai dari hidung, telinga, rambut, kuku, gigi, kaki dan banyak lagi bagian tubuh yang lain.
  2. Potensi Ilmu. Allah swt berfirman,
    "Dan Dia mengajarkan adam nama-nama benda seluruhnya" (al-baqoroh:31)
    "Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahui" (al-alaq:5)

    Manusia diberikan kemampuan untuk belajar yang tidak bisa dibandingkan dengan makhluk yang lain. Manusia dapat berfikir, dapat menganalisa, mengenal sesuatu, dapat mempertanyakan mengapa ada sesuatu, bagaimana bisa terjadi, dapat mengambil manfaat suatu pelajaran, dapat berfikir sebab akibat dan lain sebagainya. Kemampuan akan potensi memperbesar pengetahuan sangat terbuka lebar bagi manusia.
    Berbeda dengan benda mati yang pada dasarnya tidak berfikir, seperti batu, gunung, tanah dan tumbuhan.
    Hewan itu hanya mengenal makanan, kotoran dan kebutuhan biologis dan bahaya yang mengancam, tidak lebih dan tidak bisa mengetahui sesuatu yang sulit, seperti manusia. Semua alat dan perangkat yang dipunya juga sangat berbeda dengan manusia yang lebih sempurna.
  3. Kehendak/pilihan. Allah swt berfirman,
    "Sesungguhnya Kami telah menunjukinya jalan yang lurus; ada yang bersyukur dan ada pula yang kafir" (al-insaan:3) Setiap manusia bebas untuk menentukan sikap yang dilakukan. Tidak ada yang membatasi ruang gerak mereka, sehingga semua dikembalikan pada kehendak atau pilihan masing-masing manusia.Oleh karena itu akan kita dapati sikap yang berbeda-beda pada setiap manusia terhadap satu kejadian. Itulah manusia, dia bebas untuk menggunakan hak atau pilihannya sendiri. Satu contoh ketika orang didzalimi, bisa jadi dia memberi maaf, membalas, menahan, atau menampakkan kemarahan. Bisa jadi pula dia akan menyimpan dendam untuk kemudian dilampiaskan pada saat ada kesempatan. Begitu juga dengan kehendak/pilihan untuk iman/islam atau kufur. Dalam sebuah hadist, "Dunia itu penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir" (HR muslim 5256).Semua sudah ditunjukkan dengan berbagai cara melalui datangnya islam. Contoh kamu bisa sehat kalau mau puasa, kamu tidak akan jadi orang pelit kalau sering berbagi sedekah, khamr itu harom karena banyak madhorotnya, daging babi daging anjing itu harom. Lihat SINI
  4. Kedudukan dan kemampuan. Manusia dalam kehidupan dunia ini kedudukannya sebagai pemimpin karena segala sesuatu ditundukkan baginya.
    "Dialah Allah, yang menjadikan segala yang ada dibumi untuk kamu (al-Baqorah : 29).
    "Tidakkah kamu perhatikan sesungguhnya Allah telah menundukkan untuk (kepentingan)mu apa yang ada dilangit dan apa yang di bumi (Luqman : 20)
    . Kemampuan yang dimiliki manusia membuatnya dapat menggunakan energi yang ada di alam semesta ini. Kemampuan manusia amatlah besar dalam hal ini. Contoh saja, hewan tidak akan pernah bisa membuat kapak, sementara manusia dapat menbuat satelit dan bom atom.
  5. Penjelas/bahasa/bicara. Allah swt berfirman,
    "(Tuhan) Yang Maha Pemurah, Yang telah mengajarkan Al-Qur'an, Dia menciptakan manusia, Mengajarnya pandai bicara" ( ar-Rahman :1-4). Mulut hewan hanya mengeluarkan bunyi yang tidak jelas, yang hanya dimengerti oleh hewan. Sedangkan manusia mampu mengeluarkan bunyi yang lebih bervariasi. Manusia mampu melafalkan 27 huruf, dari huruf ini mampu menyusun bermilyar-milyar kalimat yang berbeda, diseluruh bahas didunia yang dipergunakan manusia. Dengannya manusia dapat menangis tertawa, mencela membenarkan, mengungkapkan perasaan, bernyanyi, bersenandung dengan bahasa yang dia kusai. Kemampuan bahasa inilah salah satu kelebihan yang paling jelas yang dimiliki manusia.
  6. Potensi akal, daya tangkap, imajinasi dan penggambarannya. Hewan dan manusia mempunyai kesamaan dalam pancaindra, namun manusia mempunyai keistimewaan daya tangkap, gambaran dan imajinasi dalam bentuk yang lebih tinggi. Manusia dan hewan sama-sama dapat melihat birunya air laut, namun kedalaman dan dimensi kedua penglihatan itu sungguh sangat jauh berbeda. Birunya air laut memberikan imajinasi manusia untuk menyusun syair, kenikmatam memandang, ilmu pengetahuan, menangkap isyarat dan banyak hal lain. Contoh lain, seekor lalat minum air gula yang bercampur dengan racun hingga mati. Perbuatan ini diikuti oleh lalat lain hingga mati juga, tanpa ada satupun yang bisa mengambil pelajaran darinya. Sementara, pernahkah kita dapati seorang manusia yang memakan sesuatu yang menyebabkan ia mati, kemudian orang beramai-ramai mengikutinya? Tentu saja tidak ada, karena manusia punya akal, daya tangkap dan imanjinasi yang sangat tinggi.
  7. Potensi Akhlak. Ada akhlak yang tinggi, ada yang rendah, ada yang mulia dan ada yang tercela. Manusia berpotensi untuk mempunyai akhlak yang rendah hingga menjadi makhluk yang paling hina. Atau berakhak mulia sehingga menjadi contoh kesucian. Ia berpotensi menjadi baik dan buruh atau mencampurkannya kedua hal itu. Pendemdan, iri, dengki, sombong, riya, pemarah, rakus, boros, cari muka, kagum terhadap diri sendiri, tipu daya menjebak orang lain, keras hati, kasar, senang membantu, tidak punya rasa malu adalah sifat-sifat manusia. Potensi akhlak inilah yang membedakan antara manusia dan makhluk yang lain.
Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apa kesimpulan dari semua keistimewaan yang dimiliki manusia tersebut??

Kaidah mengatakan, "Sebanyak kelebihan yang kamu miliki, sebesar itu pula kamu dituntut, sesuai dengan kadar kemampuanmu". Semoga kita bisa memenuhi tuntutan sebagai manusia.

Beberapa Kelebihan Manusia Jika di Banding Dengan Makhluk Yang Lain Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhasabah Diri

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas komentar anda mudah-mudahan tidak bosan untuk berkunjung pada blog yang sederhana ini