Sebuah catatan kecil tentang ilmu, dakwah, jihad, jamaah, keadilan, kesejahteraan, tegaknya hukum, mulkiyah, rububiyah, uluhiyah, asma wa sifat,Marifah, Thaghut, Negara Islam, Tauhid, demokrasi, hukum islam, doa, shalat

Selasa, Mei 18

Persahabatan



The scret of friendship is concern,
The secret of love is sacrifice,
The secret of happiness is giving,
And the secret of life is God!

Sebuah pesan pendek lewat ponsel (SMS) yang indah minggu ini saya terima
dari seorang sahabat. Saya tersentak pada arti mendalam yang tersirat
dari pesan singkat itu! Hal yang sangat mendasar sekali
dalam gerak langkah kehidupan yang kita hadapi saat ini sangat
bertentangan dan jauh dari makna kehidupan yang sesungguhnya. Yakni,
adanya suatu kepedulian antara kita sesama.

Di media cetak dan elektronik, dalam kita berinteraksi dengan
lingkungan, film-film yang menyeramkan seakan mimpi buruk yang
menghantui kita. Para elite politik ribut terus, padahal mereka itu kan
teman-temannya juga! Seperti bunyi SMS tadi bahwa rahasia
persahabatan itu perlu kepedulian, toleransi. Untuk disenangi dan
dicintai perlu pengorbanan. Bagaimana kita dapat membagi dan
berbagi. Hidup ini akan bermakna dan berarti serta nyaman bila kita
menyadari rahasia hidup, yaitu Allah.

Di bawah ini penjabaran dari singkatan kata ''persahabatan'' yang saya
kutip dari sebuah tulisan.

P - perlu bersabar mendengar
E - ekspresikan bahwa orang lain penting, jangan 'aku-aku'
atau 'saya- saya'
R - rangsangan dengan komunikasi
S - suasana harus nyaman,

I'm oke, you're oke
bukan I'm oke, you're not oke
atau I'm not oke, you're oke

A - us (haus) selalu untuk peningkatan diri
H - hindari bicara terus, harus dua arah, two-ways communication, beri
kesempatan orang lain
A - atasi diri untuk tidak mengkritik orang lain
B - berikan masukan dan ide-ide
A - amati kepekaan, toleransi
T - tetap fokus pada pembicaraan dua arah
A - atasi rasa agar tidak cemburu pada keberhasilan orang lain
N - naluri dipertajam.

Alhamdulillah, saya bersyukur punya banyak sahabat karena saya
sangat menghargai persahabatan.

Persahabatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhasabah Diri

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas komentar anda mudah-mudahan tidak bosan untuk berkunjung pada blog yang sederhana ini

Isi Blog